Tim Cook Memberikan Informasi Apple Auto

http://www.giuseppe-shoes.net – Berita tentang rencana Apple untuk pasar otomotif telah menetes perlahan dari perusahaan selama berbulan-bulan, dan CEO Tim Cook minggu ini merilis beberapa tetes lagi dari keran tersebut.

Upaya otomatis Apple menekan sistem otonom, katanya dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg.

Mengendarai sendiri adalah teknologi inti yang dianggap penting oleh Apple untuk rencana auto-nya, namun sangat menantang dari perspektif kecerdasan buatan, Cook mencatat, mencirikannya sebagai “ibu dari semua proyek AI.”

Gangguan besar ada di depan industri transportasi, dia memperkirakan, karena tiga perubahan vektor – mobil yang mengendarai sendiri, kendaraan listrik dan naik sepeda – berkumpul dalam kerangka waktu yang sama.

Ketika ditanya apakah Apple memiliki rencana untuk memproduksi mobilnya sendiri, Cook menjawab: “Kita akan melihat di mana hal itu membawa kita. Kami tidak benar-benar mengatakan dari sudut pandang produk apa yang akan kita lakukan.”

Tim Cook

‘Ambiguitas Trumpian’

Pengamat Apple yang mencari sesuatu yang konkret mengenai rencana mobil perusahaan mungkin dikecewakan oleh ucapan CEO Bloomberg.

“Semua Cook mengatakan bahwa Apple berfokus pada sistem otonom,” kata Roger Lanctot, associate director untuk praktik otomotif global di Strategy Analytics.

“Itu adalah tingkat ambiguitas Trumpian,” katanya kepada TechNewsWorld.

Memecahkan masalah mengemudi otomatis akan menciptakan proposisi nilai unik yang ingin diikutsertakan Apple, kata Lanctot, namun “apa partisipasi itu sama sekali tidak jelas.”

Satu hal yang jelas, bagaimanapun, adalah pentingnya pasar bagi Apple.

“Transportasi adalah perbatasan berikutnya,” Lanctot mempertahankan. “Ini adalah perangkat lunak, perangkat keras dan kesempatan besar untuk Apple.”

Baca Juga 10 Langkah Menemukan Gadget Windows 10 Di Fitur “Find My Device”

Memperluas App Universe

Paling tidak, mobil dapat memperluas jumlah titik akhir yang menjalankan aplikasi Apple dan membutuhkan produk dan layanan perusahaan.

“Ini berpotensi menjadi masalah yang sangat besar bagi Apple dengan potensi profitabilitas yang serius,” kata Tim Bajarin, presiden Strategi Kreatif.

Pada tingkat perangkat lunak, tidak ada yang meniup siapa pun di pasar otomotif saat ini, katanya.

“Apple dikenal untuk menciptakan perangkat lunak yang hebat dan dengan jelas dapat memberikan solusi yang sangat penting dan penting dalam menghadirkan lapisan kendaraan cerdas dan OS yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi yang masuk akal untuk kendaraan otonom,” kata Bajarin kepada TechNewsWorld.

“Mengingat ketrampilan dan kekuatan Apple,” dia melanjutkan, “Saya tidak ragu bahwa jika mereka memasuki pasar ini, solusi perangkat lunak apa pun yang mereka ciptakan bisa menjadi penting bagi mereka yang menciptakan kendaraan otonom – begitu pula Apple.”

Kendaraan otonom kemungkinan akan membuat autos lebih dari sekadar alat transportasi.

“Mobil akan cepat berubah menjadi ruang tamu dan kantor yang luas, dan pengalaman Apple perlu ada di sana,” kata Patrick Moorhead, analis utama di Moor Insights and Strategy.

“Pada akhirnya, Apple akan menjadi salah satu pemain besar dalam berkendara otonom,” katanya kepada TechNewsWorld, “pertama karena kemampuan perangkat lunak mereka, dan kedua karena kantong dalamnya yang dalam.”

Baca Juga Dukungan Facebook menggunakan internet bagi yang dipenjara di Kalifornia

Lubang di Peta Jalan

Jika Apple menjadi pemain utama di pasar kendaraan otonom, ia harus melakukannya dalam menghadapi persaingan yang ketat.

“Anda bisa membantah bahwa Apple lebih inovatif dan lebih baik dibiayai daripada beberapa, tapi beberapa pesaingnya di tempat itu, termasuk Google-Waymo dan produsen otomotif utama, hebat,” kata Charles King, analis utama di Pund-IT.

Sementara sistem otonom mungkin penting, mungkin ada sedikit angan-angan dalam ucapan Cook tentang hal itu, sarannya.

“Apple jelas perlu keluar dari ketergantungan pada smartphone, namun pasar sebenarnya untuk mobil otonom belum ditetapkan, dan permintaan kemungkinan akan bervariasi secara liar sesuai situasi dan tempat,” kata King kepada TechNewsWorld.

Jika Apple hanya memproduksi perangkat lunak untuk kendaraan otonom, bisa menghadapi masalah lain.

“Kecuali beberapa nama besar disertakan dalam pengumuman Apple, sebuah OS kendaraan otonom akan terlihat seperti solusi untuk mencari masalah,” kata King.

“Untuk mempertahankan cap produk mewahnya, Apple mungkin ingin bermitra, setidaknya pada awalnya, dengan pembuat kendaraan kelas atas yang lebih tinggi, seperti BMW dan Mercedes,” tambahnya. “Masalahnya, kedua perusahaan tersebut sudah mengembangkan sistem in-house mereka sendiri.”

Sumber: